Perhatikan Kebersihan Rak Buku

PERHATIKAN KEBERSIHAN RAK BUKU

Perhatikan Kebersihan Rak Buku – Bagi Anda yang mempunyai hobi membaca, pasti mempunyai koleksi buku bukan? Salah satu cara untuk menyimpan buku – buku Anda ini dengan membuat rak buku. Rak buku ini tidak boleh sembarangan juga loh. Berikut ini adalah hal hal yang perlu diperhatikan.

Cara Merawat Rak Buku

  1. Pastikan tempat bukumu tidak lembap dan memiliki sirkulasi udara yang memadai.
  2. Hindari menyimpan buku-buku terlalu lama di dalam kotak kardus. Kardus kertas yang bahannya berupa kayu, mengandung asam yang cukup tinggi. Akibatnya, buku berubah warna jadi kekuningan. Sebisa mungkin, keluarkan dari kardus ya. Jika terpaksa, simpanlah buku dalam box-box plastik atau kotak penyimpanan sejenis.
  3. Jika memakai rak dari kayu, pastikan juga diberi lapisan ya, misalnya dengan taplak kain, supaya buku tidak kontak langsung dengan kayunya.
  4. Jika memakai rak buku tertutup, sering-seringlah dibuka supaya ada sirkulasi udara.
  5. Jangan memaksa mengisi rak terlalu penuh.
  6. Oia, ingat ya, posisi buku jangan sampai ditumpuk, sebaiknya berdiri dan berjajar ke samping. Kelompokkan berdasarkan tingginya supaya tidak terjadi kerusakan pada punggung-punggung buku yang lebih tinggi jika digabungkan dengan buku yang pendek.
  7. Rak buku jangan langsung menempel ke dinding, dan level paling bawah rak buku harus berjarak beberapa sentimeter di atas lantai agar terhindar dari kelembapan lantai.
  8. Kalau jumlah koleksi buku kita belum bisa memadati rak, gunakan pengapit buku (bookend). Buku yang dijajarkan terlalu longgar di rak buku, akan mudah roboh sehingga akan merusak buku. Pilihlah bookend dengan alas yang tipis supaya bisa menyelip dengan mudah di bawah buku.
  9. Lakukan perawatan berkala, seperti;
    • Membersihkannya dari debu. Untuk mengurangi penumpukan debu, maka bersihkanlah area di sekitar rak, lantai juga harus disapu dan dipel. Kalau punya penyedot debu, akan lebih menolong.
    • Merotasi posisi buku tiap dua pekan sekali.
    • Lakukan beberapa alternatif di bawah ini untuk mengusir ngengat, mengurangi bau tak sedap, menghambat pertumbuhan jamur, menyerap air dan kelembapan, dan mencegah kutu:
      1. Taburlah kamper di sela buku atau di pojok rak.
      2. Menaruh biji-biji lada putih yang dibungkus potongan kain.
      3. Menaruh serpihan arang kelapa yang dimasukkan ke dalam amplop bertutup rapat. Arang ini selalu siap dipakai lagi setelah dijemur untuk menghilangkan serapan airnya. Penjemuran dilakukan tiap 3-4 bulan sekali. Jemur juga amplopnya sekalian.
      4. Taruhlah sillica gel dalam kemasan/dibungkus plastik berlubang. Sillica gel ini bisa kamu beli di toko-toko kimia. Jemur jika sillica gel mulai berubah warna.

CV ASSIDIQ PERSADA ASSIDIQ CLEANING SERVICE adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975823737 / 085228913852  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *