Membersihkan Keramik Yang Baru Saja Dipasang

Membersihkan Keramik Yang Baru Saja Dipasang

Membersihkan Keramik Yang Baru Saja Dipasang – Jika anda memiliki rumah yang baru saja direnovasi atau mungkin baru saja di bangun pasti dalam keadaan yang kotor. Sisa semen dan cat yang masih tercecer di lantai akan membuat kotor keramik. Untuk itu, diperlukan perhatian untuk membersihkannya. Berikut tips yang bisa anda coba untuk membersihkan keramik yang baru saja dipasang.

1. Gunakan Sapu dan Kain Pel

Jika sisa semen dan kotoran yang baru saja bercecer dilantai keramik, seketika langsung dibersihkan, kemungkinan prosesnya akan terasa sangat mudah. Anda bisa langsung menyapunya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Setidaknya kotoran-kotoran yang terlihat jelas bisa dibereskan terlebih dahulu.

Selanjutnya anda bisa langsung melakukan pengepelan untuk membersihkan debu-debu yang masih tertinggal sehingga akan bersih dengan maksimal. Sangat disarankan memang sebaiknya melakukan pembersihan seperti ini sesegera mungkin, agar tidak menyulitkan anda ketika sudah mengering.

2. Gunakan Larutan Cuka Untuk Membersihkan Permukaan Keramik

Larutan cuka pada dasarnya bisa digunakan untuk membantu mengangkat noda seperti semen yang menempel dan sudah mengering pada keramik anda. Semen untuk mencapai suatu titik pengeringan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Jika semen berinteraksi dengan udara secara langsung, akan menjadi sangat cepat mengeringnya. Hal ini membuat anda menjadi khawatir, karena takut sisa-sisa semen yang berserakan di permukaan keramik akan sulit dibersihkan. Terkadang ketika pemasangan keramik belum selesai, namun seringkali sisa-sisa semen sudah terlebih dahulu mengering.

Penggunaan cuka sangat efektif digunakan dalam membantu permasalahan semacam ini. Anda hanya perlu menyiramkan ke bagian-bagian yang terdapat semen yang mengering. Diamkan beberapa saat agar semen berinteraksi dengan baik dengan larutan cuka. Setelah semen terangkat anda bisa segera membersikannya dengan sapu dan kain pel.

3. Gunakan Asam Clorida (HCL) Untuk Membersihkan Permukaan Keramik

Untuk mengaplikasikan asam clorida anda bisa memasukkan larutan tersebut ke dalam ember berisi air. Cukup anda masukkan beberapa sendok makan agar tidak terlalu asam. Jika kondisi terlalu asam, dikhawatirkan akan merusak bagian nat nya.

Siapkan kuas kecil dan celupkan ke dalam ember yang berisi larutan tadi. Lalu oleskan ke bagian yang terdapat noda semen yang sudah mengering ataupun noda-noda membandel lainnya. Diamkan beberapa saat agar larutan bisa berinteraksi dengan maksimal.

Setelah beberapa waktu, anda bisa menggosoknya dengan menggunakan sikat atau pun serabut kelapa. Disarankan lebih baik menggunakan serabut kelapa untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, karena serabut kelapa lebih rapat dan padat, namun elastis sehingga bisa mengangkat semua noda yang membandel tersebut. Selanjutnya siram dengan air bersih agar kotoran bisa larut bersama air. Kemudian lakukan penggelapan dengan kain pel terlebih dahulu dan lap kembali dengan lap kering yang bersih agar memperoleh hasil yang memuaskan.

4. Gunakan Ampas Kelapa Sisa Pembuatan Santan

Jika anda sedang memasak dengan menggunakan bahan dasar santan, manfaatkanlah ampas kelapa yang sudah tidak digunakan untuk membersihkan keramik anda yang baru dipasang ataupun keramik yang sudah lama untuk menjaga dan merawat kondisi fisiknya agar tetap terlihat mengkilat serta bebas noda-noda membandel.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, anda hanya perlu meletakkan ampas kelapa tersebut ke seluruh permukaan lantai. Diamkan beberapa saat agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Setelah dikira cukup, anda bisa menggosok-gosokkannya dengan menggunakan tangan agar noda-noda yang membandel bisa terangkat. Sapulah seluruh ampas kelapa tersebut jika sudah selesai proses penggosokan. Bersihkan kembali dengan menggunakan kain pel untuk memperoleh kebersihan yang lebih sempurna. Alhasil permukaan keramik anda akan lebih mengkilat.

5. Gunakan Garam Untuk Mengangkat Noda-Noda Yang Membandel

Cara membersihkan keramik yang baru dipasang bisa memanfaatkan bahan alami seperti garam. Garam seringkali digunakan sebagai bahan alami untuk membantu membersihkan noda-noda membandel yang menempel pada permukaan keramik anda. Bisa juga anda gunakan untuk mengangkat noda-noda semen yang telah mengering.

Taburkan garam pada bagian permukaan keramik yang terdapat noda membandel. Diamkan beberapa saat agar terjadi reaksi antara keduanya yakni garam dengan noda membandel. Semakin lama anda diamkan akan semakin mudah untuk mengangkat noda tersebut.

Setelah noda-noda bisa terangkat, anda bisa menyapunya terlebih dahulu agar bisa mengetahui sisa-sisa noda yang masih tersisa. Jika masih ada sisa noda, anda bisa mengulangi langkah sebelumnya. Jangan lupa lakukan pengepelan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan maksimal.

6. Gunakan Perasan Air Lemon

Air lemon sudah sangat populer dalam kehidupan sehari-hari di kalangan masyarakat pada umumnya dalam upaya membersihkan beberapa peralatan di rumah. Anda bisa juga mengaplikasikan perasan air lemon ke permukaan keramik anda yang terdapat semen yang mengering ataupun noda-noda lainnya.

Diamkan beberapa saat agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Reaksi dikatakan berhasil dan bekerja dengan baik jika ditandai dengan melunaknya noda-noda semen ataupun yang lainnya sehingga bisa sangat mudah terangkat tanpa melakukan tindakan yang melelahkan.

Kemudian lakukan penggosokan dengan menggunakan sikat untuk mengangkat semua noda yang masih menempel. Selanjutnya sapu secara menyeluruh dan lakukan pengepelan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan tentunya lebih bersih.

7. Gunakan Baking Soda Untuk Mengangkat Noda Pada Keramik Yang Baru Saja Dipasang

Baking soda juga merupakan bahan yang sering digunakan dalam upaya membantu membersihkan peralatan yang ada di rumah. Untuk itu, anda bisa memanfaatkannya untuk membantu mengangkat noda yang membandel pada keramik anda.

Cara pengaplikasiannya tidak jauh berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Taburkan baking soda ke permukaan yang terdapat noda yang menempel dan membandel. Diamkan beberapa saat agar terjadi interaksi dan reaksi terlebih dahulu, untuk memudahkan proses selanjutnya.

Kemudian anda bisa melakukan penggosokan dengan menggunakan sikat yang berbulu kasar. Lakukan secara perlahan sampai noda terangkat sempurna. Jangan lupa gunakan sapu untuk membersihkan noda-noda yang sudah terangkat dan lanjutkan dengan melakukan pengepelan agar kebersihan yang sempurna bisa anda dapatkan.

8. Gunakan Belimbing Wuluh Untuk Mengangkat Noda Membandel

Belimbing wuluh selain banyak mengandung vitamin C, ternyata bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda-noda membandel yang menempel pada permukaan keramik anda di rumah. Pengaplikasiannya pun cukup mudah. Cukup anda potong belimbing wuluh menjadi beberapa bagian, lalu gosok-gosokkan ke bagian yang terdapat noda.

Diamkan beberapa saat agar terjadi reaksi sehingga noda yang membandel tersebut bisa menjadi lebih lunak. Nah, hal ini yang akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih mudah. Setelah beberapa saat berlalu, anda bisa menggosoknya dengan menggunakan sikat yang berbulu kasar. Hal ini dilakukan agar tidak ada sisa-sisa noda lagi.  Jangan lupa bersihkan kotoran yang sudah terangkat menggunakan sapu dan dilanjutkan dengan melakukan pengepelan sehingga akan mendapat hasil yang baik dan tentunya memuaskan karena keramik anda menjadi lebih bersih.

Nah, sekian tips Membersihkan Keramik Yang Baru Saja Dipasang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

CV ASSIDIQ PERSADA ASSIDIQ CLEANING SERVICE adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975823737 / 085228913852  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *