Cara Membersihkan Buku Pada Rak Buku

cleaning service jogjaCARA MEMBERSIHKAN BUKU PADA RAK BUKU

Cara Membersihkan Buku Pada Rak Buku – Siapa diantara kalian yang mempunyai hobi membaca? Pasti kolseksi buku Anda bukan dirumah? Agar buku kita tertata rapi biasanya kita akali dengan pemasangan rak buku di salah satu ruangan kita. Nah yang menjadi masalah adalah, rak buku yang menjadi berdebu apabila kita jarang membersihkannya. Nah berimkut ini adalah beberapa cara merawat buku kita dari rak yang berdebu.

Cara Membersihkan Buku

Yang harus kamu lakukan untuk menghindarkan buku-buku tersebut dari debu yang mengganggu adalah sebagai berikut :

1.      Menyampul buku dengan plastik yang agak tebal

Kamu bisa membeli plastik yang khusus untuk menyampul buku. Tapi jangan pilih yang tipis yak arena biasanya cepet sobek. Pilih plastik dengan lapisan yang agak tebal. Buku yang udah disampul dengan baik dan rapi biasanya akan minim terkena debu. Dan bukan hanya itu aja, buku tersebut juga bisa terhindar dari air. Nah, kalo kena air kan kertasnya suka jadi bergelombang jadi kalo mau dibaca lagi malah gak enak dan gak nyaman.

2.      Menjauhkan buku dari sinar matahari langsung

Kalo yang ini kamu bisa mengatur tempat untuk menyimpan rak buku di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung. Sehingga, kalo kamu nyimpen buku-buku di rak buku, buku tersebut gak akan kena sinar matahari. Efeknya kalo kena sinar matahari itu adalah buku bisa jadi cepet kuning dan jelek. Debu yang berterbangan pun akan cepat menempel. Inilah beberapa alasan kenapa buku bisa cepet rusak. Gak mau donk buku kesayanganmu jadi rusak gara-gara sinar matahari. Buku-buku itu juga biasanya jadi kering dan rapuh. Kalo udah gitu, malah gak bisa dibaca lagi kan.

3.      Rajin membersihkan

Ini mungkin agak sulit ya, hehe. Karena hubungannya dengan tingkat kemalasan kita. Jadi sebaiknya kamu gak malas bersihin buku-buku tersebut setiap saat. Biar kalo ada debu yang nempel dikit aja bisa langsung kamu usir. Bersihkan buku dengan kemoceng misalnya, tapi jangan membersihkan dengan lap yang basah. Biarpun bukumu udah disampul tetep aja akan membuat buku jadi cepet rusak. Jadwalkan membersihkan buku-buku itu misalnya 3 kali dalam 1 minggu.

4.      Melakukan rotasi pada posisi buku

Ini juga penting banget nih. Kalo kebetulan bukumu ditaruh di dalam rak buku, artinya bukan di bagian luar buku sebaiknya jangan berlama-lama ditaruh di sana. Bisa seminggu dua kali kamu pindahkan ke bagian luar. Biar apa? Biar si debu ini gak ngikut terus dan biar bukumu gak lembab.

5.      Memberi kapur barus

Kalo gak dirawat dengan baik buku yang kamu taruh akan cepat kena rayap. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menaburkan kapur barus yang sudah dibubukkan ke bagian-bagian buku tersebut. Kalo bukumu ditaruh di rak bagian dalam, kamu juga bisa menaruh lampu yang kecil di dalamnya. Ini juga bisa menghindarkan debu-debu menempel terlalu lama pada buku-buku tersebut. Tapi ingat jangan pilih lampu yang berkekuatan tinggi. Pilih yang ringan aja. Karena kalo pake lampu yang berkekuatan tinggi biasanya buku jadi cepet sobek.

6.      Atur buku dengan rapi di rak buku

Hayo ngaku! Kamu masih suka menjejal-jejalkan buku di rak buku kan. Gak heran kalo bukumu jadi berteman dengan debu. Karena kalo gak diatur dengan rapi maka buku-buku tersebut juga bisa kena debu dengan cepat. Dan pastinya, gak enak dilihat aja. Kalo ditata dengan rapi kan kita yang litany juga enak ya. Lain dengan kalo dibiarkan begitu saja di rak. Ya jangan aneh juga kalo bukumu jadi cepet rusak.

7.      Memberdirikan posisi buku

Jangan menumpuk buku. Kamu bisa memposisikan buku tersebut dengan cara diberdirikan. Sehingga buku yang satu dengan yang lainnya gak akan saling nempel. Gunakan juga pembatas buku, biar masing-masing dari buku tersebut saling terawatt dengan baik.

CV ASSIDIQ PERSADA ASSIDIQ CLEANING SERVICE adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975823737 / 085228913852  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *