Fungsi Jemur Bantal

cleaning service jogjaFUNGSI JEMUR BANTAL

Fungsi Jemur Bantal – Menjemu bantal sepertinya sudah menjadi hal biasa dilakukan masyarakat. Menjemur bantal dengan memanfaatkan panas terik matahari ketika musim kemarau tiba. Lantas apa sih tujuan dari menjemur bantal ini? Apa fungsi dari dari jemur bantal?

Buat apa jemur bantal guling di bawah sinar matahari?

Sejak dulu, kebiasaan jemur bantal guling sudah dilakukan untuk mengusir kuman, bakteri, kutu, dan tungau yang tinggal dalam bantal guling. Paparan sinar matahari yang terik dan panas dipercaya bisa membunuh organisme-organisme yang rentan sebabkan asma dan alergi tersebut.

Menurut para ahli, tungau dan bakteri-bakteri tertentu memang tidak bisa bertahan hidup dalam suhu yang sangat tinggi (di atas 50 derajat Celsius). Maka, semakin terik sinar mataharinya, semakin ampuh pula dalam membunuh tungau kasur.

Jemur bantal guling juga bisa membuat bantal guling jadi gembung lagi. Pasalnya, setelah sekian lama bantal dan guling akan menyerap kelembapan dari keringat atau cairan tubuh Anda. Ini membuat bagian dalam bantal dan guling jadi lebih pipih atau kempis. Menjemur di bawah sinar matahari bisa membuat kelembapan yang terjebak dalam bantal guling menguap.

Bagaimana cara membersihkan bantal dan guling?

Untuk mencegah alergi atau serangan asma karena kutu, tungau, dan organisme-organisme lain di bantal guling, Anda harus rutin membersihkan bantal dan guling. Cuci dan ganti sarung bantal guling seminggu sekali. Cucilah dengan deterjen dan air panas (kira-kira 50-75 derajat Celsius) dan jemur di bawah terik matahari. Kalau sedang tidak ada matahari, Anda bisa memasukannya dalam mesin pengering (dry cleaner).

Sementara itu, untuk bagian dalam bantal dan guling Anda bisa membersihkannya setiap tiga bulan sekali. Cuci bantal guling dengan deterjen dan air panas. Kemudian, jemur di bawah terik matahari. Anda tak perlu menjemurnya sampai berhari-hari. Cukup tunggu sampai bantal dan guling kering sepenuhnya. Saat menjemur, jauhkan bantal dan guling dari debu atau kotoran yang mungkin menempel di permukaan kain.

Tips mencegah kutu dan tungau kasur

Setelah mencuci bersih bantal guling, kutu dan tungau bisa saja kembali lagi. Kalau Anda dan keluarga alergi terhadap kutu dan tungau kasur, pilih seprai dan sarung bantal guling khusus yang tidak bisa dihinggapi organisme-organisme tersebut namun tetap terasa lembut ketika disentuh. Seprai ini biasanya tersedia di pusat perlengkapan rumah tangga.

Pastikan juga sirkulasi udara di kamar tidur Anda cukup baik. Pasalnya, binatang-binatang kecil tersebut akan berkembang biak di udara yang lembap. Maka, usahakan untuk menjaga bantal guling tetap kering.

 

CV ASSIDIQ PERSADA ASSIDIQ CLEANING SERVICE adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975823737 / 085228913852  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *