Cara Ampuh Basmi Tungau Kasur

cleaning service jogjaCARA AMPUH BASMI TUNGAU KASUR

Cleaning Service Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas penyebab kasur berkutu dan bertungau. Lantas bagaimana cara kita membasmi kasur yang bertungau ini? Mengingat membasmi kutu kasur sangatlah tidak mudah bukan?

 

Cara Membasmi Kutu Kasur

Hewan – hewan tersebut biasa berdiam di kasur dan bantal, terutama yang jarang dibersihkan dan dijemur. Cari tahu cara mendeteksi keberadaannya, dan temukan tips dan cara mengusir kutu dan tungau tersebut pada artikel kali ini.

  • 1. Gunakan flashlight untuk mendeteksi keberadaan kutu dan tungau

Flashlight bisa menjadi salah satu alat untuk melihat keberadaan tungau dan kutu pada kasur. Agar lebih efektif, deteksi keberadaan binatang tersebut menggunakan flashlight di malam hari. Matikan seluruh pencahayaan hingga kamar benar – benar gelap, kemudian paparkan flashlight di atas permukaan kasur. Jika pada kasur Anda memang terlihat kutu dan tungau, maka dengan menggunakan flashlight ini, keberadaan binatang tersebut akan terlihat.

Namun, kita juga harus melakukannya dengan telaten, karena ketika dipaparkan dengan flashlight, pergerakan kutu dan tungau ini begitu cepat, karena pada dasarnya hewan tersebut tak menyukai paparan cahaya. Sehingga, dengan ukurannya yang mikroskopis agak sulit untuk mengidentifikasinya.

  • 2. Lihat sisa – sisa atau serpihannya

Kutu dan tungau memang hewan yang pintar bersembunyi di sela – sela, atau di bawah kasur. Mereka selalu mencari celah untuk menghindari paparan cahaya. Namun, kadang kumpulan kutu dan tungau ini meninggalkan semacam sisa – sisa atau serpihan, yang biasanya terdapat di sudut kasur, di bawah kasur, atau di bantal.

Serpihan tersebut bisa berupa kulit atau kerangka kutu yang mati dan terkelupas. Jika Anda menjumpai kumpulan serpihan ini di kasur, Anda patut mencurigainya dan jangan ragu lagi untuk segera membersihkannya.

  • 3. Pasang jebakan

Salah satu cara paling sederhana mengusir hewan serangga kecil adalah dengan memasang jebakan. Jebakan bisa berupa double tape atau isolasi dengan perekat dobel yang ditempelkan pada sisi dan sudut – sudut tempat tidur. Saat kutu dan tungau tersebut melewati isolasi tersebut, maka tubuhnya akan langsung menempel dan tidak bisa berpindah.

Tunggu dan biarkan perekat itu menempel di sisi tempat tidur selama satu minggu, dengan demikian, akan semakin banyak kutu dan tungau yang terjebak. Cara ini mungkin tidak akan menghilangkan seluruh kutu dan tungau yang ada di tempat tidur. Namun, minimal cara ini bisa digunakan untuk mengurangi jumlah kutu dan tungau yang ada. Baca juga : Cleaning Service di Jogja

  • 4. Cuci semua barang – barang yang ada di atas kasur

Jika banyak kutu dan tungau yang menempel di isolasi, segera lepaskan isolasi tersebut. Kemudian, bersihkan dan cuci seluruh benda yang terdapat di atas kasur, mulai dari sprei, bantal, hingga selimut. Gunakan air hangat agar kutu dan tungau benar – benar lenyap. Setelah itu, keringkan dengan dryer dengan suhu yang paling tinggi hingga barang – barang tersebut benar – benar kering.

Usahakan lakukan hal ini minimal selama 20 menit, sebab kutu dan tungau tidak akan mampu bertahan di permukaan yang panas dan kering lebih dari 20 menit.

  • 5. Bersihkan kasur dengan vacuum cleaner

Sementara barang – barang di atas kasur dicuci, bersihkan kasur dan tempat tidur dengan vacuum cleaner. Vacuum cleaner ini selain mampu menyedot kutu dan tungau, juga bisa digunakan untuk menyedot debu, serpihan, dan kotoran lain. Setelah itu, Anda bisa menjemur kasur di bawah sinar matahari.

Namun, sebelum menjemur kasur, perhatikan jenis dan bahan kasurnya, apakah memungkinkan untuk dijemur di bawah terik sinar matahari langsung atau tidak.

  • 6. Lapisi dengan pelindung kasur

Setelah semua barang – barang bersih, pasang kasur pada tempatnya kembali. Lapisi dengan pelindung matras khusus untuk melindungi kasur dari alergen. Hal ini untuk mengantisipasi agar kutu dan tungau tidak datang kembali.

  • 7. Bersihkan semua sudut dalam kamar

Ketika kita membersihkan kasur, mungkin sebagian kutu dan tungau belum diberantas dengan maksimal karena berhamburan atau berterbangan ke sudut – sudut kamar. Untuk itu, dalam membersihkan kasur dan tempat tidur, ada baiknya Anda juga membersihkan seluruh kamar dan sudut – sudutnya dengan vacuum cleaner, lalu pel secara keseluruhan. Hal ini guna memastikan agar tak ada kutu dan tungau yang bersembunyi di sudut – sudut kamar.

  • 8. Rekatkan kembali isolasi pada kaki – kaki dan sudut ranjang

Untuk mencegah datangnya kutu dan tungau yang kedua kali, Anda bisa memasang isolasi kembali pada sudut dan kaki ranjang. Cara ini mampu meminimalkan kutu dan tungau yang ingin kembali menempel di kasur.

CV ASSIDIQ PERSADA ASSIDIQ CLEANING SERVICE adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975823737 / 085228913852  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *