Cara Hilangkan Noda Pada Pakaian

 

Cara Hilangkan Noda Pada Pakaian

Cara Hilangkan Noda Pada Pakaian – Setiap harinya kita memakai pakaian yang memiliki berbagai macam jenis kain. Memakai baju atau pakaian seringkali menimbulkan noda yang disebabkan oleh berbagai macam bahan. Seringkali anda merasa kesulitan untuk membersihkan noda tersebut. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkana noda.

 

Noda Luntur

Seringkali seseorang menghilangkan noda luntur dengan menggunakan pemutihan baju, padahal langkah tersebut kurang begitu efektif karena selain noda luntur belum tentu dapat hilang, namun juga malah akan membuat warna baju Sista menjadi pudar, terlebih jika warna baju yang terkena lunturan bukan warna putih. Maka sebaiknya untuk menghilangkan noda luntur pada baju Sista lakukan cara-cara berikut ini :

MSG Dan Deterjen

  • Siapkan kedua bahan kemudian tuangkan deterjen dan micin tersebut ke dalam ember dengan takaran deterjen lebih sedikit daripada micin, kemudian tuangkan air panas/hangat ke dalam ember tadi yang sudah terdapat campuran micin dan deterjen, masukkan baju ke dalam ember tersebut, diamkan beberapa saat hingga air dingin kemudian cucilah, setelah itu lakukan pencucian kedua dengan menggunakan deterjen saha (tanpa micin), karena pencucian kedua berfungsi untuk menghilangkan micin yang menempel pada baju, lalu bilas hingga bersih dan jemur.

Cuka

  • Ambil asam cuka kemudian larutkan bersama deterjen ke dalam air, lalu rendam pakaian yang terkena luntur selama ± 30 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Sista dapat memanfaatkan garam dapur secukupnya dan dengan cara yang sama pula.

Noda Tinta

Detergen saja belum cukup untuk melibas noda tinta pada pakaian. Sebenarnya ada sebuah cara untuk menghilangkan noda tinta dalam sekejap.

Aseton

  • Caranya, teteskan aseton pada bagian yang terkena noda. Diamkan kurang lebih 30 menit setelah itu kucek-kuceklah sampai tinta benar-benar luntur dan bersih. Nah untuk menyempurnakannya, kita bisa mencuci pakaian tersebut seperti biasanya, yaitu dengan menggunakan detergen, kemudian bilaslah sampai bersih.

Alkohol

  • Perlakuan pada noda tinta yang belum terlalu lama, kita bisa menggosoknya dengan alkohol. Langkah ini dapat segera mengusir noda tinta pada pakaian.

Hairspray

  • Bila noda tinta sudah cukup lama, coba gunakan hairspray yang mengandung aerosol. Caranya, semprotkanlah pada lap kering, kemudian gosok-gosokkan pada tempat yang terkena noda. Zat aerosol mungkin saja dapat menghilangkan tinta. Hanya saja, kelemahannya bisa meninggalkan residu yang lengket pada pakaian.

Air Susu

  • Untuk pakaian berwarna, apabila terkena noda tinta, kita bisa membersihkannya dengan air susu. Zat laktosa di dalamnya dapat meluruhkan tinta sedikit demi sedikit. Kita hanya perlu ekstra bersabar sebelum semua nodanya hilang. Caranya, rendamlah pakaian yang terkena noda tinta dalam air susu selama beberapa menit. Kemudian, angkat dan kuceklah sebentar. Masukkan lagi ke dalam larutan susu, lalu cucilah dengan air dingin.

Noda Cat atau Oli

Pakaian yang kotor karena kena cat, noda pada pakaian itu dapat dihilangkan. Caranya, kain yang terkena cat itu dicuci dengan alkohol. Gosoklah baik-baik, niscaya noda itu akan hilang. Pakaian itu baru bisa bersih kembali. Untuk noda cat yang mengenai kulit dapat dihilangkan dengan cara yang kurang lebih sama. Bila tidak ada alkohol dapat digunakan pula minyak tanah

Noda Akibat Kunyit

Noda yang diakibatkan kunyit akan membekas lama pada pakaian. Sebagaimana noda menguning pada tangan yang ditimbulkan saat memotong atau menyentuh kunyit. Untuk menghilangkannya cukup mudah, yaitu dengan menggosokannya segera setelah pakaian terkena kunyit. Lalu melunturkan warna kekuningan kunyit dengan menggunakan cuka atau jeruk nipis. Selain itu Anda bisa menggunakan kombinasi sabun dan boraks.

Noda Minuman Berwarna

Noda minuman berwarna memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam pembersihannya. Tergantung pada jenis minuman yang diminum. Misalnya saja noda minuman sirup, tentu akan berbeda dengan noda minuman soda, apalagi minuman yang mengandung alkohol. Jika terkena, segera tuangkan garam ke pakaian yang terkena noda, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan berulang kali hingga noda luntur dengan sendirinya. Baru setelahnya pakaian bisa dicuci seperti biasa.

Menghilangkan Noda Permen Karet

Noda permen karet akan sulit dihilangkan dari pakaian. Apalagi jika sudah mengering dan menempel. Cara paling mudah adalah dengan memasukkan pakaian ke dalam kulkas atau memberi cuka pada bagian yang ternoda. Keduanya bisa melembekkan lagi permen karet, agar lebih mudah dikerik dengan pisau.

Menghilangkan Noda Karat

Ketika Anda menggantung pakaian, Untuk gantungan yang terbuat dari kawat besi tidak jarang gantungannya berkarat dan meninggalkan noda karat pada pakaian Anda. Cara membersikannya adalah Masaklah air di ketel, lalu pakaian yang terkena noda karat dijerang ke uap panas ketel sambil diberi perasan air jeruk nipis/lemon. Kucek beberapa saat dan setelah itu, cuci seperti biasa. Atau Anda bisa menetesi bagaian yang berkarat dengan cuka dan garam. Gosok sampai bersih. Setelah itu, cuci pakaian dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang.

CV ASSIDIQ PERSADA ASSIDIQ CLEANING SERVICE adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975823737 / 085228913852  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *