Mencuci Karpet Rumah Yang Tebal

 

Mencuci Karpet Rumah Yang Tebal

Mencuci Karpet Rumah Yang Tebal – Karpet di rumah pada umumnya digunakan untuk alas duduk serta alas bagi tempa apapun. Jneis bahan karpet juga akan mempengaruhi cara untuk merawat hingga mencuci. Seringkali karpet menjadi sarang debu dan kotoran sehari – hari. Membersihkan karpet tidak hanya dengan menyedot debunya saja. Anda jga paerlu mencucinya agar tetap bersih dan tidak meninggalkan kuman serta kotoran. Sebelum mencuci karpet, simak dahulu bagaimana cara untuk membersihkan karpet yang tebal.

 

Produk pembersih karpet

Untuk urusan membersihkan karpet, air dan sabun biasa tidak akan cukup, terutama kalau yang Anda hadapi adalah noda membandel, bau tajam yang sudah lama menempel, atau debu yang sudah menumpuk dan mengeras selama bertahun-tahun. Sebagian besar orang menggunakan pembersih karpet bubuk atau sampo karpet untuk membersihkan karpet di rumah. Jangan lupa untuk selalu menguji produk pembersih yang akan digunakan di bagian ujung karpet atau di bagian karpet yang tidak terlalu terlihat.

Guna mengatasi noda dan kotoran secara cepat, Anda bisa menggunakan pembersih karpet bubuk sebagai alternatif sampo karpet. Membersihkan karpet dengan sampo memerlukan waktu beberapa jam sampai karpet kering, sehingga ruangan tidak bisa digunakan selama karpet masih basah atau lembap. Pembersih karpet yang berupa bubuk cukup disedot menggunakan mesin pengisap debu sehingga lebih cepat dan memberikan hasil yang sama baik.

Bahan alami pembersih karpet

Kalau Anda lebih memilih menggunakan cara yang lebih alami, ada beberapa bahan di dapur yang memiliki kemampuan membersihkan sangat baik. Sebagian besar orang pasti pernah mendengar keampuhan air soda untuk mengatasi noda kopi. Selain itu, garam juga cocok untuk mengangkat atau menyerap noda baru. Sedangkan bubuk soda kue efektif menyerap bau tidak sedap yang menempel pada serat-serat karpet.

Tips membersihkan karpet yang telah teruji

1. Cara menggunakan bubuk untuk membersihkan karpet

Berikut ini cara membersihkan karpet memakai bubuk, baik itu produk serbuk pembersih karpet maupun bubuk soda kue:

  • Taburkan bubuk dalam jumlah banyak pada karpet.
  • Biarkan selama 30 menit—atau semalaman untuk hasil yang lebih baik—guna memberi waktu yang cukup bagi bubuk bekerja melunakkan noda dan menyerap bau tidak sedap.
  • Sedot bubuk memakai mesin pengisap debu.
cara mencuci karpet menghilangkan noda bau karpet

2. Cara menggunakan sampo karpet

Ada banyak merek sampo karpet dijual di pasaran, jadi pastikan Anda mengikuti petunjuk pemakaian pada kemasannya.

  • Dalam banyak kasus, sampo perlu dilarutkan di dalam air, jadi buatlah larutan sesuai instruksi pada labelnya.
  • Gunakan larutan sampo secukupnya untuk menutup area yang ingin dibersihkan.
  • Jangan membuat karpetnya terlalu basah karena justru tidak akan efektif dan membuat proses pengeringannya lebih lama. Merendam karpet juga bukan merupakan cara cuci karpet yang benar.
  • Khusus untuk noda membandel, gosok menggunakan sikat berbulu keras seperti sikat cuci pakaian.
  • Biarkan karpetnya mengering.
  • Sedot residu sampo setelah kering.

Kiat-kiat praktis menghilangkan noda membandel

Untuk noda-noda yang baru menempel pada permukaan, bersihkan secepat mungkin sebelum benar-benar kering dan meresap ke bahan karpet. Ingat, jangan tergoda untuk menggosok nodanya agar tidak semakin melebar atau meresap ke karpet. Cukup menepuk-nepuknya. Meskipun Anda bisa menghilangkan nodanya menggunakan detergen, Anda juga bisa mencoba kiat-kiat praktis di bawah ini, tergantung jenis nodanya:

  • Untuk noda yang lengket semisal permen karet, gunakan es batu untuk membuat noda mengeras sebelum mengangkatnya.
  • Untuk noda berbau, buatlah campuran cuka dan air hangat lalu oleskan pada noda menggunakan kain.

CV ASSIDIQ PERSADA ASSIDIQ CLEANING SERVICE adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975823737 / 085228913852  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *