Tips Praktis Membersihkan Kloset yang Membandel

cleaning service jogjaTIPS PRAKTIS MEMBERSIHKAN KLOSET YANG MEMBANDEL

Cleaning Service Jogja – Sudah menjadi hal wajar jika kloset kamar mandi ini akan cepat kotor, bahkan kotorannya sangat membandel susah dihilangkan. Karena kloset kamar mandi dalam setiap harinya akan terkena kotoran, bahkan dalam setiap harinya juga dalam keadaan lembab. Maka dari itu sangat disarankan untuk membersihkan kamar mandi secara rutin, teruama bagian kloset. Karena jika dibiarkan lama, kotoran akan membandel dan susah dibersihkan. Lantas bagaimana jika sudah terlanjur kotoran kloset membandel? Berikut adalah beberapa tips praktis dan ampuh untuk membersihkan klosel kamar mandi yang kotor membandel.

Cara Membersihkan Kerak Kloset Kamar Mandi Membandel

Bagi beberapa orang lebih nyaman menggunakan toilet jongkok, dibandingkan yang duduk. Namun, jangan lupa untuk rajin membersihkannya sebelum muncul kerak pada toilet. Sebab, ketika kerak sudah muncul, membutuhkan lebih banyak usaha untuk menghilangkan kerak tersebut. Toilet yang bersih tentu tidak akan menimbulkan rasa jijik dan lebih enak dipandang mata daripada toilet yang kotor. Berikut merupakan beberapa cara membersihkan toilet jongkok agar keraknya menghilang:

1. Menggunakan cairan pembersih khusus kerak

Cara pertama yang ditawarkan untuk menghilangkan kerak pada toilet jongkok adalah dengan menggunakan bahan kimia khusus yang memang fungsinya adalah untuk membersihkan kerak. Bahan ini dapat Anda peroleh dengan mudah karena banyak dijual secara bebas. Selain itu, harganya relatif murah, berkisar antara Rp 3.000,00 hingga Rp 10.000,00.

Cara penggunaan: tuangkan cairan pembersih ini ke serabut kain yang biasanya digunakan untuk mencuci piring. Mengapa menggunakan serabut kain? Sebab, apabila menggunakan serabut dari bahan logam dikhawatirkan akan merusak lapisan keramik. Sehingga, pastikan Anda menggunakan serabut yang memiliki tingkat kekasaran sedang. Langkah selanjutnya yakni oleskan pada noda kerak di toilet jongkok Anda.

Kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan cairan pembersih khusus kerak ini adalah menambahkan terlalu banyak air sehingga kerja dari cairan ini kurang optimal. Gunakan air sesekali saja apabila bahan kimia ini terasa sudah mulai mengering. Namun, cara ini sebenarnya memiliki banyak sekali kekurangan. Pertama, cara pemakaiannya yang sulit, apabila Anda tidak benar dalam menggunakannya maka hasil yang didapat tidak terlalu maksimal. Kemudian kedua, setelah dituangkan ke dalam toilet jongkok, butuh banyak gosokan untuk menghilangkan kerak di toilet jongkok tersebut. Gosokan secara terus menerus ini berfungsi untuk merontokkan noda kerak. Hal ini pun akan terasa sangat melelahkan dan kurang praktis digunakan.

2. Membersihkan toilet dengan cairan pembersih lantai

Meskipun dari namanya saja sudah terlihat bahwa fungsi sesungguhnya dari cairan ini adalah untuk membersihkan lantai, namun, cairan ini juga mengandung bahan-bahan yang dapat membersihkan kerak di toilet Anda. Sehingga, tidak ada salahnya untuk menggunakan cairan ini sebagai bahan alternatif untuk membersihkan kerak pada toilet jongkok Anda.

Cara penggunaan: tuangkan cairan pembersih lantai pada bagian toilet jongkok yang berkerak, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit untuk memberikan waktu bagi cairan tersebut untuk bekerja. Setelah didiamkan, gosok menggunakan sikat yang kasar sehingga memudahkan Anda dalam menggosok untuk menghilangkan kerak. Terakhir, bilas menggunakan air bersih.

3. Menggunakan sitrun sebagai pembersih kerak pada toilet jongkok

Cara membersihkan toilet jongkok selanjutnya adalah dengan menggunakan sitrun. Sitrun merupakan nama lain dari Citric acid yang sebenarnya merupakan asam cuka berbentuk serbuk. Sitrun ini biasa digunakan sebagai pemutih pakaian, juga sebagai penambah rasa masam dan untuk bahan pengawet. Namun, rupanya terdapat manfaat lain dari sitrun yakni untuk membersihkan kerak. Sifatnya yang asam membuatnya efektif untuk membersihkan kerak membandel di toilet Anda.

Cara penggunaan: pertama-tama, Anda perlu menggosok toilet jongkok Anda menggunakan air sabun lalu bilas dengan air bersih ke seluruh permukaan toilet. Setelah itu, taburkan asam sitrat pada bagian toilet yang sudah basah tersebut dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Kemudian, sikat kembali toilet jongkok Anda, bilas menggunakan air bersih hingga tidak ada sisa asam sitrat maupun air sabun yang ada, dan keringkan.

4. Menggunakan kaporit sebagai pembersih kerak alternatif

Kalsium hipoklorit atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kaporit biasanya digunakan sebagai zat disinfektan air. Biasanya, kaporit ini memiliki bau yang sangat khas yakni bau yang banyak kita jumpai di kolam renang. Bau ini berasal dari zat klorin yang ada di dalam kaporit karena mengalami dekomposisi yang lambat di dalam udara yang lembab. Jika kita membeli kaporit, biasanya zat ini berwarna kekuningan. Namun sebenarnya, bentuk dari kaporit itu sendiri berupa padatan berwarna putih.

Cara penggunaan: siram toilet jongkok Anda dengan air panas lalu taburi kaporit terutama di bagian-bagian yang berkerak. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu selama kira-kira 30 menit lamanya. Gosok-gosok toilet jongkok Anda menggunakan sikat yang sebelumnya telah diberi air sabun untuk membersihkan sisa kaporit yang menempel kemudian bilas dengan air bersih.

5. Menggunakan pemutih pakaian untuk membersihkan toilet jongkok

Sesuai dengan namanya, pemutih pakaian biasa digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian Anda, terutama pada pakaian putih Anda. Namun, di samping kegunaan utamanya, pemutih pakaian juga dapat dijadikan sebagai bahan alternatif untuk menghilangkan kerak pada toilet Anda. Hal ini dikarenakan pemutih pakaian mengandung zat-zat tertentu di dalamnya yang mampu membantu dalam melunturkan atau merusak struktur kerak sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Cara penggunaan: semprot atau tuangkan cairan pemutih pada bagian yang berkerak. Lalu, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, gosok menggunakan sikat berkali-kali hingga kerak menghilang. Dan terakhir, siram menggunakan air bersih.

6. Menggunakan cuka

Seperti yang telah kita ketahui bahwa cairan asam sangat membantu dalam melunakkan kerak atau noda yang ada pada keramik, wastafel, bahkan toilet dengan mudah. Salah satu jenis cairan asam yang banyak dan mudah Anda temukan adalah cuka.

Cara penggunaan: basahi bagian noda yang berkerak dengan air kemudian tuangkan cuka ke atasnya. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 20 menit dan gosok menggunakan sikat dan bilas dengan air bersih.

7. Menggunakan minuman bersoda

Minuman bersoda yang banyak dijual di minimarket dapat digunakan sebagai pembersih toilet karena mengandung asam karbonat dan fosforik ringan di dalamnya. Asam-asam ini merupakan hasil dari proses karbonasi dan bukan dari zat pemberi rasa yang ada di dalamnya.

Cara penggunaan: pertama-tama, tuangkan minuman bersoda ke dalam gas. Tidak perlu banyak-banyak, Anda dapat menggunakan sekaleng minuman bersoda saja. Lalu, tuangkan soda tersebut ke pinggiran lubang toilet. Ketika memasuki langkah ini, pastikan bahwa cairan soda tersebut mengalir di atas kerak yang ingin dihilangkan. Kemudian, diamkan selama beberapa lama.

Semakin lama Anda mendiamkan cairan ini bekerja maka hasil yang didapat pun akan semakin maksimal. Minimal Anda dapat mendiamkan selama 1 jam atau juga dapat didiamkan selama satu malam untuk hasil yang maksimal. Asam-asam yang terkandung di dalam minuman bersoda dapat merusak struktur kerak hingga mudah dihilangkan cukup dengan menyiram toilet Anda dan kerak yang telah terlepas akan terbawa bersama air.

8. Menggunakan baking soda

Baking soda selama ini hanya dikenal untuk pembuatan kue, sedangkan untuk manfaat yang lainnya orang banyak yang tidak tahu apa saja yang menjadi manfaat dari baking soda. Ternyata, baking soda juga memiliki banyak manfaat di bidang kecantikan dan menghilangkan bakteri-bakteri, salah satunya adalah untuk membersihkan toilet maupun wastafel dan semua benda yang terbuat dari keramik.

Cara penggunaan: cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda perlu menaburkan baking soda terlebih dahulu ke toilet jongkok Anda dan diamkan selama 1 malam. Karena bahan ini sifatnya tidak sekeras bahan-bahan yang lain, maka, waktu untuk mendiamkannya pun juga lumayan lama. Setelah satu malam, sikat menggunakan sikat yang sedikit kasar lalu bilas menggunakan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan baking soda dengan cuka sebelum dituangkan pada toilet dan didiamkan selama 1 malam.

9. Menggunakan belimbing wuluh

Sebagian dari kita mungkin menyebut belimbing wuluh dengan sebutan belimbing sayur. Disebut belimbing sayur karena memang belimbing wuluh ini sering digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan. Rasa asam yang terkandung di dalam belimbing wuluh menjadikannya sebagai penghasil rasa masam alami yang menyegarkan. Namun, siapa yang sangka bahwa ternyata belimbing wuluh ini dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda kerak pada toilet.

Cara penggunaan:  untuk menghilangkan noda kerak pada toilet jongkok menggunakan belimbing wuluh, caranya mudah saja. Yakni dengan menggosokkan belimbing wuluh yang telah dipotong sebelumnya (bagian buahnya yang digosokkan, bukan kulitnya) ke noda kuning atau kerak yang ada pada toilet Anda, kemudian diamkan hingga kering. Setelah itu, sikat toilet Anda dan bilas menggunakan air bersih hingga tidak ada bekas dari belimbing wuluh tersebut. Cara ini mungkin ampuh untuk menghilangkan noda kuning namun sedikit butuh usaha ekstra untuk menghilangkan noda kerak pada toilet.

10. Menggunakan campuran perasan jeruk lemon dan boraks

Lemon merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga karena bermanfaat untuk membersihkan apapun yang ada di rumah Anda. Baunya yang menyegarkan juga menambah minat banyak orang untuk memanfaatkan jeruk lemon sebagai pembersih.

Cara penggunaan: tuangkan secangkir boraks ke toilet terutama di bagian yang bernoda dan tambahkan air perasan dari 2 buah jeruk lemon. Kemudian, biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, sikat lalu bilas hingga bersih.

Demikian beberapa alternatif cara membersihkan toilet jongkok yang berkerak di rumah Anda. Setiap cara yang ditawarkan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga pilihlah yang paling mudah bagi Anda.

CV ASSIDIQ PERSADA ASSIDIQ CLEANING SERVICE adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975823737 / 085228913852  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *