Penyebab Adanya Cacing Pada Bak Kamar Mandi

cleaning service jogjaPENYEBAB ADANYA CACING PADA BAK KAMAR MANDI

Cleaning Service Jogja – Kita sangat disarankan untuk menguras dan mengganti selanjutnya membersihkan bak mandi secara berkala. Mengapa? Karena bak mandi Anda akan beresiko kotor, bahkan sampai terdapat cacing di dalam bak mandi. Pernah bukan kalian mengalami hal ini? Lantas apa penyebab adanya cacing pada bak mandi lainnya?

Penyebab cacing muncul di kamar mandi

Beberapa penyebab cacing muncul di kamar mandi basah antara lain sebagai berikut:

  • Kondisi air. Kemungkinan cacing muncul di kamar mandi yang dialiri air leding lebih kecil daripada di kamar mandi yang memakai air tanah karena air leding sudah diperlakukan sedemikian rupa oleh perusahaan pemasok untuk menghambat pertumbuhan organisme. Meski demikian, pemakaian air leding tidak menjamin 100% kamar mandi akan bebas cacing karena faktor-faktor lain juga berpengaruh.
  • Kondisi drainase. Saluran pembuangan air bisa menjadi jalan pintas bagi cacing untuk mencapai kamar mandi dari luar rumah. Penutup drainase diperlukan untuk menghalangi penyusupan cacing.
  • Kondisi permukaan kamar mandi. Semakin banyak paparan permukaan tanah di dalam kamar mandi maka semakin mudah pula cacing muncul. Oleh karenanya, celah di antara ubin-ubin pun masih bisa disusupi cacing jika tidak dilapisi secara sempurna dengan campuran adonan semen yang padat.

Cara membasmi cacing di kamar mandi basah

Jika cacing sudah terlanjur muncul di kamar mandi, Anda perlu segera mengambil langkah-langkah untuk mengusirnya. Peralatan dan produk/bahan yang Anda perlukan adalah:

  • Garam kasar
  • Air bekas mencuci
  • Sikat kamar mandi

Ikuti tahap-tahap di bawah ini untuk membasmi cacing kamar mandi. Anda perlu melakukannya pada permukaan dinding dan lantai kamar mandi. Rencanakan kegiatan ini sebelumnya, mungkin pada jadwal menguras bak dan membersihkan kamar mandi Anda.

  1. Larutkan 500g garam kasar di dalam 5 liter (sekitar 5 gayung) air tawar. Gunakan larutan ini untuk menyiram dinding dan lantai kamar mandi secara merata. Buat larutan tambahan jika kurang. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan air bekas mencuci, yaitu air bercampur detergen. Langkah ini bertujuan memancing cacing-cacing keluar dari pori-pori lantai dan dinding kamar mandi karena tubuhnya yang sensitif terhadap bahan-bahan tersebut.
  2. Gunakan air sebanyak mungkin untuk mengeluarkan cacing-cacing tersebut melalui saluran pembuangan air atau pakai metode lain yang sesuai dengan kondisi Anda untuk menyingkirkannya.
  3. Bilas permukaan dengan air bersih. Keringkan permukaan jika Anda ingin melanjutkannya dengan langkah pencegahan di bawah ini.

Mencegah lebih baik daripada membasmi cacing kamar mandi

Seiring perjalanan waktu, celah di antara ubin-ubin porselen terkikis air sehingga menjadi lebih berpori. Dalam kondisi kering setelah dibersihkan dengan cara di atas, lapisi ulang semua celah dengan adonan semen yang padat. Pastikan tidak ada permukaan tanah terbuka dan tidak ada rongga yang terhubung dengan luar rumah. Cara pencegahan yang lebih menyeluruh bisa berupa perombakan kamar mandi basah menjadi kamar mandi kering yang memisahkan area basah dan area bebas air. Selain lebih mudah dibersihkan, kamar mandi kering juga kurang disukai cacing.

Terima kasih telah mengunjungi CLEANING SERVICE JOGJA. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

CV ASSIDIQ PERSADA | CLEANING SERVICE JOGJA adalah perusahaan perdagangan barang dan jasa yang berkonsentrasi mengembangkan bidang pelayanan jasa cleaning service di jogja dan jasa kebersihan di jogja. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami  : 08975813737  EMAIL : assidiqpersada@gmail.com
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *