Cara Membersihkan Debu Ruangan

Cara Membersihkan Debu RuanganCARA MEMBERSIHKAN DEBU RUANGAN

Debu Ruangan – Langkah-langkah berikut ini seharusnya dilakukan paling tidak sekali dalam sepekan guna memelihara lingkungan dalam rumah yang sehat dan bebas penyebab alergi. Selalu mulai menyingkirkan debu pada bagian-bagian yang tinggi—misalnya atas lemari, kipas angin gantung, bingkai lukisan—terlebih dulu agar kotoran jatuh ke permukaan yang lebih rendah yang belum dibersihkan. Kenakan masker untuk debu agar Anda tidak menghirup debu yang beterbangan.

  • Untuk lemari, bufet, dan permukaan keras lainnya, kain lembap lebih efektif menarik debu daripada kain kering yang hanya memindahkan debu. Sebagai alternatif, gunakan kemoceng bulu ayam atau burung kasuari yang memiliki daya tarik debu lebih baik. Daya magnetik bulu-bulu kemoceng menarik debu tanpa menebarkannya kembali ke udara.
  • Untuk dinding, gunakan spons kering untuk menyingkirkan debu. Kemoceng microfiber juga bisa dipakai untuk menjangkau dinding bagian atas. Sedangkan kain microfiber dan produk pembersih kayu bisa dipakai untuk mengelap kayu lis yang membatasi dinding dan lantai.
  • Untuk gorden dan bantalan sofa atau kursi, gunakan mesin penyedot debu dengan kekuatan sedang dan ujung berbulu.
  • Untuk area yang sulit dijangkau atau perlengkapan komputer, gunakan kemoceng elektrik atau udara penyemprot untuk meniup debu keluar bagian-bagian yang sempit. Jika kemoceng elektrik tidak tersedia, cukup gunakan kemoceng bulu.
  • Untuk karpet, mesin pengisap debu bisa diandalkan untuk menyedot debu di antara serat-serat karpet. Mengisap debu pada karpet atau lantai sebaiknya dilakukan sebagai tahap terakhir agar tidak ada lagi debu yang jatuh di atasnya.
  • Untuk lantai, pel dengan kain pel kering. Cara ini lebih efektif daripada menyapu debu karena debu bisa menyebar kembali ketika disapu. Pel lantai setelah menyeka debunya seperti biasa jika bahan lantai Anda bisa dipel basah.
  • Semprotkan penyegar udara dengan wangi kesukaan Anda atau tempatkan bunga hidup dengan wangi favorit.
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *